Komunikasi
data antar computer dalam topologi jaringan memerlukan teknik penyaluran sinyal
agar data yang terkirim sesuai keadaan yang sebenarnyaatau sesuai keinginan.
Secara detail tentag bagaimana sinyal-sinyal terkirim, tidak kita bahas si
sini, namun secara singkat dapat diuraikan bahwa teknik penyaluran sinyal dalam
saluran media transmisi dengan menggunakan teknik sebagai berikut :
Basebrand
Menggunakan sinyal digital. Transmisi
yang digunakan bersifat bidirectional
dan hanya dipakai pada topologi bus yang jangkauannya pendek. Kabel yang
digunakan adalah kabel coaxial (50 ohm),dengan spesifikasi IEEE 802.3
(Ethernet). Bila inti kabel berdiameter 0.4 inch dan data rate 10 Mbps, maka
dengan perangkat ini kita dapat menjangkau jarak 500 m. untuk jarak yang
digunakan jauh dapat digunakan repeater.
Broadband
Menggunakan sinyal analog dengan Frequency
Division Multiplexing (FDM). Spectrum mesia transmisi dapat dibagi sesuai
keperluan. Jarak yang dapat dijangkau lebih jauh dibandingk baseband dan
mendukung topologi tree; merupakan hubungan undirectionel
yang penuh, yang mengharuskan ada dua saluran data. Semua stasiun mengirim
sinyal melalui inbound dan menerim
sinyal dari seluruh outbound dengan
cara:
-Nenajau dua kabel terpisah,
-Atau memakai satu kabel dengan
frequensi modulasi berbeda
-Memakai nedia kabel transimis coaxial 75ohm dan data selalu dimodulasi terlebih
dahulu, lebih baik dari baseband
karena dapat mengirimkan voice dan video secara bersamaan.
PRINSIP
PENYALURAN SINYAL
Transmisi
pdada Local Area Network dapat dibagi ke dalam tiga kategori utama, yaitu
unicast, multicast dan broadcast.
Unicast
Merupakan
transmisi jaringan point to point (one to one). Ketika digunakan, satu system
tunggal encoba berkomunikasi hanya dengan satu system lainnya. Jaringan point
to point biasanua digunakan pada jaringan yang besar, dengan mrnghubungkan
jaringan local jaringan lain melalui satu titik akses point.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCuXYjsAHHxQat9t16511xYBiMyYNifcG_1XWo-Bk-LcSl2j8q8VRD3XL1rOA8UBJzMZUh5BQfCcvb1RD1Fl8fTsGAeSCB-OZBLE4aJaKFMIyouonpSMpUbzCvR794zkdYJjdFvUqpUD6o/s640/preview_html_453f2d89.jpg)
Gambar : Koneksi jaringan point to point menggunakan teknologi wireless
Bila satu
paket data akan dikirimkan ke mesin (node) lain di jaringan yang lain, maka
paket tersebut harus melewati satu atau lebih node lain yang berfungsi sebagai
perantara. Node perantara ini juga merupakan computer gateway yang berfungsi
sebagai gerbang keluar-masuknya paket data dari satu jaringan ke jaringan yang
lain.
Pada
jaringan Ethernet, penggunaan unicast daoat diketahui dengan melihat MAC Adres
asal dan tujuan yang merupakan alamat host yang unik. Pada jaringan yang
menggunakan IP, alamat IP asal dan tujuan merupakan alamat yang unik (tidak
akan sama satu dengan yang lain)
Ketika
system berhubungan dengan frame jaringan, ia akan selalu memeriksa MAC Addres
miliknya untuk melihat apakah frame yang ditujukan untuk dirinya. Jika MAC
Addresnya cocok dengan system tujuan, maka ia akan memprosesnya. Jika tidak,
frame tersebut akan diabaikan.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjae6CkCTYLzH6U-jFWsYZ_g9rz8cE6YWDgaVm1lVuf1O6chtGOcdShx-Ujn0VNNBRnYUCsUqoybxRB6Q4ugHpbRYMuftnNNVCvg7rseErApRkQfvg0PhYKvyTBmVmMPorpimFFxxRuCGYv/s400/preview_html_383c3bee.jpg)
Gambar : pengiriman packet data ke Unicast Address
Ketika
dihubungkan ke hub, semua system melihat semua frame yang melalui jaringan,
katena semua bagian dari collision domain yang sama
Multicast
Meupakan
transmisi yang dimaksudkan untuk banyak tujuan, tetapi tidak harus semua host.
Oleh karena itu multicast dikenal sebagai metode transmisi one to many (satu ke
banyak)atau jaringan point to multipoint.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZgky66Z4Et-mlN1ROdnUFGbnmkWO4vUcfOdzhZIbvfVuJmm_23FxxNNME1OC1haf88dmPwNZG9Thn_KfTKXqV4Dkp40Ip9n6j0ssBsmwzWwDrMeDj7x7DFP6P_lj571qRlT0yRG-1efut/s400/preview_html_m77920133.jpg)
Gambar : Koneksi jarinfan point to multipoint menggunakan teknologi wireless
Multicas
biasanya digunakan ketika sekelompok computer perlu menerima transmidi tertentu.
Salah satu contohnya adalah streaming audio atau video. Misalkan banyak
computer ingi menerima transmisi video pada waktu yang bersamaan. Jika data
tersebut dikirimkan ke setiap computer secara individu, maka diperlukan
beberapa aliran listrik. Jika data tersebut dikirimkan sebagai broadcast, maka
tidak perlu lagi proses untuk semua system. Dengan multicast, data dikirim satu
kali tapi diterima oleh banyak system.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv68O1HGe21m3IWsMX_5-QNKaUPBzqsBACuxAP9EDKFpoWBZyOdVzmxK-u8DzEDXKKWYp5z6xR1cMNbPivtKXDrFF0DJlxknVHYTm7IadDoS2lBTmJi4hnpP7upZpr50SuQoXoX0tfEJiR/s1600/preview_html_m2a015d4b.jpg)
Gambar : Pengiriman packet data ke alamat multicast
Dalam
teknologi pengiriman SMS (Short Message Service) antar pengguna telepon
seluler, teknik ini digunakan untuk mengirimkan pesan ke banyak ponsel (dari
satu operator atau beda operator), atau juga sebuah pesan yang dikirimkan oleh
operator seluler yang biasanya berupa info layanan, berita, iklan, dll, akan
diterima oleh banyak ponsel lain dalam satu jaringan atau area layanan operator
selular tersebut.
Broadcast
System ini
juga dapat digunakan untuk menjelaskan bila ada packet data yang dikirimkan
dari satu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya dalam satu jaringan atau
subnet jaringan lainnya.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiv4vEeC_jUMWUpsAOtPV79zH7kq8rSBptY1D_DSfoEbifhwpw6_kS6qI2ROKUYyHm9DODDIFuzIZInKBiCGFuY97Amx1jbrISmKgdgZvmpi866D9cVEVoxXEoCSn7OTXH7gGcq0NZLjLRf/s400/preview_html_f00a5af.jpg)
Gambar : Pengiriman packet data ke alamat broadcast
Field alamat
pada senuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket itu dialamatkan.
Saat menerima paket, mesin akan men-cek field alamat. Bila alamat itu ditujukan
untuk dirinya maka paket tersebut akan diterima, namun bila alamat tersebut
tidak ditujukan kepada dirinya, maka apaket tersebut akan diabaikan.
Walaupun
broadcast cenderung membuang resource, beberapa protocol seperti ARP sangat
bergantung kepadanya. Dengan demikian terjadinya beberapa traffic broadcast
tidak dapat dihindari.
Broadcast ICMP
Cara
termudah untuk mengetahui host yang hidup pada sebuah target jaringan adalah
dengan mengirimkan ICMP echorequest ke broadcast addres pada target jaringan
tersebut. Sebuah permintaan akan dikirim secara broadcast ke semua host pada
target network. Host yang hidup akan mengirimkan ICMP echo reply
Tidak ada komentar:
Posting Komentar